Kamis, 26 Agustus 2010

MAKASSAR -- Ikon baru Sulsel dalam kegiatan promosi pariwisata, investasi, dan perdagangan resmi diluncurkan Rabu, 28 Juli. Even bernama Celebes Fair yang dihelat 27-31 Oktober di Celebes Convention Centre ini disebut bakal menyaingi kesuksesan Jakarta Fair.

Celebes Fair merupakan gabungan tiga even; Sulsel Expo, Makassar Trade Expo, dan Celebes Banking Expo. Ketiga even ini telah sukses digelar sebagai agenda tahunan setiap tahun, namun masih skala kecil.

Kepala Bidang Promosi dan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Sulsel, Sukarniaty Kondolele, mengatakan, kegiatan yang akan digelar nanti beragam dari penjualan langsung, pameran dan pesta rakyat.

Bazar berupa pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu serta penjualan kebutuhan pokok dengan harga murah juga meramaikan even terbesar di Sulsel ini. Kegiatan ini juga dirangkaikan festival dan pemilihan Duta Sulsel.

Banyaknya kegiatan yang akan digelar pada Celebes Fair membuat lokasi yang digunakan tidak hanya ruang convention saja tetapi juga ballroom dan pelataran gedung.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengemukakan, provinsi ini hanya perlu memperbanyak even dan membuat orang yang berkunjung merasa nyaman. "Terlalu banyak potensi yang dimiliki dan bisa ditawarkan," ujar dia.

Syahrul berjanji akan melobi banyak duta besar (dubes) untuk mengarahkan perusahaan di negaranya membuka kantor di Sulsel. Atase perdagangan di negara lain juga akan diminta mempromosikan even Celebes Fair.

Kunjungannya ke Arab Saudi, 29 Juli, juga dimanfaatkannya untuk melobi Kadin Arab Saudi untuk mengikuti Celebes Fair. "Negara ini termasuk China dan Korea banyak menyerap dana asing yang besar," kata Syahrul.

Peserta Celebes Expo tidak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi juga ditargetkan dari luar negeri. Buyers dari sepuluh negara menjadi target. Pameran Potensi Ekonomi Daerah yang telah digelar enam tahun berturut-turut mampu mendatangkan buyers dari enam negara.

Pengunjung yang ditargetkan mengikuti even ini sekitar 30 ribu orang dengan total transaksi hingga Rp 3,5 miliar. Makassar Trade Expo yang digelar 2009 lalu dikunjungi 30 ribu pengunjung dengan transaksi Rp 3 miliar.

Celebes Banking Expo bakal diikuti peserta bank pemerintah, swasta, syariah, bank perkreditan rakyat, maupun asosiasi perbankan. Kegiatan yang dilakukan di antaranya advokasi dan pelatihan usaha kecil dan menengah serta kegiatan entertainment.

sumber : fajar KAMIS, 29 JULI 2010

0 Comments:

Post a Comment



Blogger templates made by AllBlogTools.com