Minggu, 26 Juli 2009

Investasi PMA Sulsel Capai US$ 64,2 Juta

Nilai investasi Penanaman Modal Asing (PMA) yang masuk ke Sulawesi Selatan dalam lima bulan terakhir, Januari - Mei 2009 mencapai 64,2 juta dolar AS atau sekitar Rp64,2 miliar atau naik 232 persen dari tahun 2008 yang tercatat RP27,6 miliar lebih.

Peningkatan investasi tersebut memungkinkan karena kondisi daerah ini cukup aman dan kondusif bagi pengembangan usaha asing, kata Kepala Badan Promosi dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Sulsel, Irman Yasin Limpo, di Makassar, Senin.

Investasi PMA tersebut, lanjutnya, antara lain bergerak di bidang energi listrik dan pengolahan kayu.

Menurut Irman, banyak pemodal asing berminat mengembangkan usahanya di sektor pertanian, perkebunan dan industri lainnya seperti kopi dan kakao karena Sulsel merupakan penghasil kakao terbanyak kedua di dunia setelah Pantai Gading, Afrika.

"Saya optimistis investasi PMA masih akan bertambah hingga akhir tahun 2009," ujarnya seraya menambahkan, sampai saat ini investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) belum ada meskipun sejumlah perusahaan nasional sudah masuk dan berencana melebarkan usahanya di provinsi ini.

Dia mengatakan, BPPMD Sulsel baru mencatat nilai investasi PMDN jika sudah turun izin persetujuan usahanya dari BKPM Pusat, sekaligus merealisasikan 80 persen kegiatan yang akan dibangun di daerah ini.

Menyangkut kegiatan promosi, institusinya keluar negeri untuk mencari investor, katanya, tahun ini dananya sedikit yakni hanya Rp3,5 miliar dibanding provinsi lain di Indonesia yang gencar menjaring pemodal karena dukungan dana APBD provinsinya cukup besar.

"Promosi berstandar baik dan cepat membawa hasil membutuhkan anggaran yang besar," ujarnya dan menilai sangat sulit daerah ini menjual potensi SDA-nya ke Eropa dengan dana sekecil itu sehingga promosi yang dilakukannya hanya sampai ke Malaysia dan Singapura.

Sejak tahun 2004 hingga Mei 2009, lanjutnya, nilai investasi PMA di Sulsel mencapai 236.530.211 dolar AS untuk 32 proyek serta Rp1,4 triliun lebih nilai investasi PMDN dengan 16 proyek. (Sumber : http://www.tvone.co.id) (18 Mei 2009)

0 Comments:

Post a Comment



Blogger templates made by AllBlogTools.com